Soal Essai Akuntansi Internasional

10 Soal Essai Akuntansi Internasional

Bab VII~IX

  1. Apa perbedaan harmonisasi dan standarisasi yang berlaku dalam standar akuntansi?

Yang perlu diperhatikan, harmonisasi ”membolehkan” dengan pengungkapan yang memadai, sedangkan standarisasi “mengharuskan” semua perusahaan, jika perusahaan tersebut ingin menaati prinsip-prinsip akuntansi yang diterima umum (GAAP). Dengan demikian, harmonisasi menghasilkan hasil pengukuran akuntansi dan keuangan yang berbeda dibandingkan dengan standarisasi.

  1. Sebutkan beberapa pihak yang diuntungkan dengan adanya harmonisasi ini?

Beberapa pihak yang diuntungkan dengan adanya harmonisasi ini adalah perusahaan-perusahaan multinasional, kantor akuntan internasional, organisasi perdagangan, serta IOSCO (International Organization of Securities Commissions).

  1. Bagaimana rekonsiliasi diajukan sebagai solusi yang mungkin digunakan untuk mengatasi permasalahan yang terkait dengan isi laporan keuangan lintas batas?

Melalui rekonsiliasi, perusahaan asing dapat menyusun laporan keuangan dengan menggunakan standar akuntansi Negara asal, tapi harus menyediakan rekonsiliasi antara ukuran-ukuran akuntansi yang penting di Negara asal dan di Negara dimana laporan keuangan dilaporkan.Rekonsiliasi berbiaya rendah bila dibandingkan dengan penyusunan laporan keuangan lengkap berdasarkan prinsip akuntansi yang berbeda. Namun demikian rekonsiliasi hanya menyajikan ringkasan dan bukan gambaran perusahaan yang utuh.

  1. Sebutkan langkah langkah Analisi akuntansi?

Identifikasi kebijakan akuntansi utama,  menilai fleksibilitas akuntansi, evaluasi strategi akuntansi, evaluasi kualitas pengungkapan, identifikasi potensi adanya red flag dan membatalkan penyimpangan akuntansi

  1. Apa yang dimaksud Identifikasi potensi adanya red flag dalam melakukan analisis akuntansi?

Sebuah pendekatan umum untuk analisis akuntansi yang berkualitas adalah mencari “red flag” yang menunjuk pada keraguan kualitas akuntansi. Indikator-indikator ini menunjukkan bahwa analis harus memeriksa barang-barang tertentu lebih dekat atau mengumpulkan informasi lebih lanjut tentang mereka.

  1. Yang merupakan tujuan dari analisis akuntansi?

Tujuan analisis akuntansi adalah untuk menganalisis sejauh mana hasil yang dilaporkan perusahaan mencerminkan, realitas ekonomi.

  1. Kesulitan dan kelemahan dalam analisis laporan keuangan internasional?
  • Ketepatan waktu informasi Ketepatan waktu laporan keuangan, laporan tahunan, laporan kepada pihak regulator berbeda-beda di tiap Negara.
  • Hambatan bahasa dan terminology.
  • Masalah mata uang asing.
  • Perbedaan dalam jenis dan format laporan keuangan.
  1. Sebutkan Empat dimensi utama model usaha!
  • Identifikasi faktor utama kemajuan perusahaan
  • Merumuskan tehnik peramalan dan analisis kemampuan perusahaan
  • Mengembangkan sumber-sumber data untuk pilihan strategis
  •  Mentranslasi pilihan menjadi tindakan yang spesifik.
  1. Dalam evaluasi Kinerja Operasi LN mengevaluasi kinerja memungkinkan top management untuk?

Mempertimbangkan profitabilitas, menentukan kinerja area, alokasi sumberdaya, evaluasi kinerja manajemen dan memastikan konsistensi perilaku manajemen

10. Bagaimana resiko penganggaran modal dalam lingkungan internasional?

Investasi luar merupakan keputusan yang strategis dan penuh resiko. Oleh karena itu perencanaan formal harus dilakukan, seperti dengan membuat Capital Budgeting + C/B Analysis.

Dalam lingkungan internasional, perencanaan investasi tidaklah sederhana karena harus mempertimbangkan, perbedaan sistem hukum, sistem akuntansi, laju inflasi, resiko nasioanal, mata uang dan segmentasi pasar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s