Perpanjang SIM di Samsat Keliling Jakarta

Tri Prasojo-26210958

Assalammualaikum wr wb, halo semua..

     Kali ini saya ingin sedikit berbagi pengalaman saya dalam pengurusan SIM yang sudah tutup usia alias habis masa berlakunya. Saya sendiri pada awalnya ragu untuk mengurusnya sendiri karena tau sendiri lahh, takut dengan birokasi yang berbelit, ditanya ini itu, lama prosesnya, mahal dan paling mendasar saya takuti ialah,, Apakah akan ketauan jika SIM yang saya punya itu terlahir dari cara yang ilegal, Nembak??hehe.. tapi meski ilegal sehari hari saya termasuk pengemudi yang tertib lalu lintas dan tidak suka ngebutngebut, piye wong sana sini wess macet kabeh🙂 !!

    Baikalah saya mulai saja hari dimana saya membulatkan niat untuk memperpanjang SiM. Pagi itu hari jumat sya libur kuliah dan kepikiran SiM saya yng sudah lama habis masanya kira-kira 4 bln telat. Gak denda tuh bro?? Tenang awalnya saya juga mengira akan kena denda, tp sesuai peraturan samsat. Perpanjang SIM A/C dan STNK diberi jangka waktu paling lambat 1 thn dan lebih dari itu wajib di urus di Daan Mogot (nahh disinini mungkin di denda haha). Langsung saja saya cek target lokasi samsat keliling sekitar Jakarta selatan. Pilihan tertuju 2 tempat ;

  • Pertama di depan Taman Makam Pahlawan,
  • Kedua di JL. Dewi sartika depan dealer honda.

    Saya pun langsung tancap gas dan sempat terlintas pertanyaan di pikiran saat perjalanan kesana… Samsat keliling? Berarti tempatnya bisa mendadak berubah dong sewaktu-waktu, namanya aja udah keliling. Disini saya agak frustasi sendiri di tengah jalan dan mulai laparr haha.4259859_FFZUqDmjvZx9CCRWiaLSKLoUGhZ8Y5d4EsLFpOMNUIc    Akhirnya sampai juga di area TMP dan saya pun pelan pelan mencari dimana tuh mobil Samsat?? Wah ternyata ada saya mulai lega tapi terlihat agak ramai, mungkin sya datang agak kesiangan sekitar jam 9.30.. Apa iya? Pada niat banget nih orang-orang(dalem hati). Saya mencoba tetap tenang lalu tanya ke seseorang tentang gimana caranya karena ini pertama kalinya bagi saya, duh jadi malu😛.”misi mba, tempat daftarnya dmn ya?” saya mengarah keseorang terdekat “Disana mas langsung saja isi Form pendaftaran dulu” seorang wanita sekitar 30thn an, berstatus menikah mungkin haha (maaf asal tebak kaya paranormal) mbamba itu menunjuk kearah meja yang sedang di kelilingi orang-orang terlihat kurang tertib seperti orang-orang lagi ngumpul di rak Discount 70 %+20%. Saya pun ikut bergabung dengan mereka, yaa antrianya aja gak jelas gitu. Penjaga meja menanyakan kepada saya sambil memberi form pendaftaran” Sim lama dan foto copy KTP, mw dibantu ngisi apa isi sendiri?” wahh baik nih orang, karena diliat juga form lumayan ribet dan saya gak bawa pulpen.. “ok mas tolong ya”. Setelah selesai isi form penjaga itu berbisik ke saya “kasih mas seikhlasnya” ooo ternyata ada cabe di dalem lontong! Gpp lah jarang jarang saya kasih goceng penjaga itu pun tersenyum kecil “ ok mas tinggal tunggu nanti di panggil”.

    Saya menunggu sekitar 40menit sebelum akhirnya dipanggil. Ketika menunggu saya melihat pengumuman bahwa Samsat keliling ini beroprasi tidak hanya hari kerja senin-jumat saja, tapi sabtu minggu juga tersedia hanya saja tempatnya berbeda. Hari sabtu berada di Blok M mabes dan minggu ada di TMP juga.

      Nama saya pun dipanggil beserta 2 orang lain, saya masuk kedalam mobil yang di dalamnya ada 3 orang petugas hmm muat juga nih mobil. Saya didalam masih menunggu dan mengamati apa saja yang dilakukan petugas disana. Petugas pertama melakukan input form secara online, petugas kedua sebagai pengambil foto kita, pengecekan dan pembaharuan data, serta petugas terakhir bertugas sebagai kasir. Didalam juga tersedia cermin ya buat siap-siap biar rapih pada saat sesi pemotretan, tapi bagi yang sudah merasa ganteng sejak lahir bisa skip bagian bercermin.

      Tiba giliran saya dipanggil untuk foto, petugas pun meminta saya scan sidik ibu jari kiri-kanan, tanda tangan yang besar serta mengecek apakah sudah benar nama dan data yang diinput. Kemudian di lanjutkan di bagian kasir setelah di cetak, disini saya di minta membayar biaya SIM C yaitu sebesar Rp. 135.000 sedangkan untuk SIM A Rp. 140.000. Petugas kasir itu memberikan SIM C baru saya seraya bertanya sambil menyodorkan ”mas Srengseng sawah itu daerah mana?” kebetulan alamat saya tertulis kecamatan Jagakarsa kelurahan Srengseng sawah. “oh itu deket kampus UI pak, memangnya kenapa?” saya menyaut penasaran. “itu lewat jalan joe apa lurus terus kearah lenteng??, kami mau ada penyuluhan ke kelurahan Srengseng sawah nanti malam ya habis magrib” pak petugas menjelaskan. Saya masih belum sepenuhnya mengerti penyuluhan tentang apa “ mw ngapain aja pak disana nanti malam??, iya terus aja kearah Ui muter balik disana tp jangan masuk kampusnya pak terus balik kearah lenteng ambil kiri aja”. Pak petugas melengkapi “ ya nanti bisa perpanjang SIM A/C disana tp mobil STNK tidak ikut, sekalian ya bilang teman kamu yang mau perpanjang sim juga”. Sontak saya kaget seperti DC ketika seru-serunya main game ~ terima kenyataan bahwa dalam jerih payah jauh-jauh ke taman makam pahlawan tidak disangka Mobil samsat keliling mau “main kerumah”. Saya langsung menutup pembicaraan dan pulang keluar mobil “makasih pak”.

Begitulah pengalaman perpanjang SIM saya yang pertama, disini ada beberap tips yang bisa diambil dari cerita saya yaitu,

  1. Bawa foto kopi KTP, foto kopi sim lama dan pulpen dari rumah. Bila tidak bawa persyaratan perpanjang sim foto kopi disana Rp 2000 tiap lembar dan jadi terpaksa ditulisin mas-mas petugas tapi dengan imbalan tertentu(dikasus saya kena goceng)
  2. Cek jadwal sim keliling dan lokasi sim keliling sebelum memutuskan jarak yang paling dekat dengan rumah kita
  3. Datang ke lokasi sim keliling sepagi mungkin untuk hindari antrian, klo agak siang jadi ramai dan cukup lama selesainya. Tapi lebih di khawatirkan jika datang kesiangan yaitu form pendaftan habis karena total form dibatasi weekend 80 dan weekday 100.
  4. Bila form sim habis, coba tanya lokasi yang terbaik kepada petugas tapi liat dulu tampang petugasnya ramah atau tidak.
  5. Jangan coba coba datang ke samsat keliling Jakarta jika SIM lama anda berbeda wilayah atau alamat seperti Bekasi, Tangerang apalagi bogor.
  6. Terakhir yang paling penting berdoa agar diberikan kelancaran.

One thought on “Perpanjang SIM di Samsat Keliling Jakarta”

  1. pas banget nih bos inponya. kebeneran ane baru sadar klo SIM ane juga dah kada luarsa dari akhir mei 2013 kemaren, klo ane urus ditanggal yg blm 1 tahun gak pake prosedur buat SIM baru dunk ye bos? 1x lg thanks pencerahannya bos😉

    Like

Leave a Reply

