Bahasa Indonesia 2

Tugas 1

(1) Beri komentar tentang artikel berikut ini:

Pemasaran adalah merupakan salah satu kegiatan utama dalam bidang perekonomian, disamping kegiatan produksi dan konsumsi. Konsumsi baru bias terlaksana setelah adanya kegiatan produksi dan pemasaran. Dengan kata lain, produksi dan pemasaran dapat membantu terlaksananya tujuan konsumsi. Pemasaran jika kita lihat berada diantara produksi dan konsumsi, yang berarti bahwa pemasaran menjadi penghubung antara dua faktor tersebut. Dalam kondisi perekonomian sekarang ini, tanpa adanya pemasaran orang sulit mencapai tujuan konsumsi yang memuaskan. Betapapun baiknya produk yang dihasilkan, jika orang lain tidak mengetahuinya?, maka produk tersebut sulit akan laku.

Jelaskan selengkap mungkin apa, kesalahan yang kalian temukan pada artikel di atas!

Artikel tersebut kurang efektif karena sulit dipahami oleh pembaca. Kami tidak bisa langsung menangkap maksud artikel ini pada pertama kali membaca karena mungkin ada beberapa kalimat, susunan dan pemilihan kata yang kurang efektif. Seperti diawal kalimat penggunaan kata yang memiliki peran sama (adalah-merupakan) yang seharusnya salah satu dari mereka cukup. Topik yang diangkat tidak dikembangkan dengan jelas sebenarnya apa saja kegiatan pemasaran itu yaitu  cara, macam dan jenisnya seharusnya ada sebagai pendukung topic ini.

Selain itu, adanya kekurangcermatan yang memiliki arti belum jelas atau makna ganda juga menambah sulitnya pembaca memahami artikel ini. Hal ini ada dikalimat akhir (mengetahuinya) apakah yang dimaksud Nya itu pemasaran, produksi atau konsumsi. Sebab sejak awal penegasan tentang topik ini kurang, hanya dijelaskan bahwa mereka (pemasaran, produksi dan konsumsi) saling berkaitan satu sama lainnya.

(2). Pemukiman kumuh sering diidentikkan dengan kemiskinan, bahkan hasil penelitian Ismail (1991:1) menunjukkan bahwa pertumbuhan pemukiman kumuh berhubungan positif dengan problema kemiskinan penduduk. Semakin banyak penduduk miskin di perkotaan, semakin meningkat jumlah pemukiman (kampong) kumuh. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penduduk pemukiman kumuh merupakan masyarakat miskin. Keterbatasan ekonomi dan keadaan social yang kurang mendukung mengakibatkan lapisan penduduk marjinal DKI Jakarta dengan terpaksa dan atau sengaja bermukim di pemukiman kumuh. Di antara mereka bahkan mendirikan bangunan liar pada lokasi yang tidak diperuntukkan sebagai pemukiman atau pada lahan milik pihak lain. Timbul masalah kesehatan yang mendasar, seperti: masalah air minum, tinja, sampah, sanitasi makanan, serangga dan pencernaan yang disebabkan oleh timbulnya pemukiman kumuh. Permasalahan kesehatan tersebut yang telah menjadi problematika bagi masyarakat maupun aparat pemerintah.

Berdasarkan artikel no 2 susun (1) Rumusan masalah, (2) Tujuan penelitian

Rumusan masalah

–          Apakah masyarakat kumuh penyebab utamanya kemiskinan?

–          Bagaimana keadaan ekonomi dan social menimbulkan kemiskinan?

–          Bagaimana tingkat kesehatan dilingkungan masyarakat kumuh?

Tujuan penelitian

1. Bagi Penulis

  •  Mengetahui bahwa masyarakat kumuh bertambah karena kemiskinan.
  • Mengetahui factor yang menimbulkan kemiskinan bagi masyarakat
  • Mengetahui adanya dampak kesehatan dimasyarakat kumuh.

2. Bagi pemerintah

  • Mengetahui data masyarakat yang ada dipemukiman kumuh
  • Memudahkan menata kembali menjadi lingkungan yang layak dan tertib
  • Meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pendidikan agar tidak semakin banyak kemiskinan
  • Meningkatkan kesadaran masyarakat untuk hidup sehat

Dosen : TRI WAHYU RETNO NINGSIH, SS

Nama Kelompok – 3EB06

Tri Prasojo – 26210958

Prasetiyo – 25210362

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s